Saturday, April 23, 2011

Bolkus Tea

Ini event kedua yg aku ikut di NCC, bolkus aka bolu kukus aka roti kukus. Klo gak salah seh baru dua kali aku ikut event week2an di NCC, gak tau lagi klo lupa, hehehehehe...

Hari terakhir baru setor laporan, idenya juga baru nemu karena habis minum Tebs. Jadilah bolkus tea. Karena gak pengen bolkusnya putih gitu doank, dan males ngasih pasta ato pewarna, jadi iseng2 aku kasi tea leavesnya juga. Jadinya???cantik deh ada bintiknya dan harummm tea semerbak, lebay, hehehehe...dan enak loh, serasa minum teh. Bolkusnya pun lembyutttt, heheheheh...

Tips2nya supaya mekar, aku dapetin dari milis,dan aku coba tulisin disini rangkumannya, cmiiw ya:



- Turuti semua perintah yg tertulis diresep
- Adonan yg bener tuh kuentel banget, klo kita sendokin tuh, kudu di ketrok2 baru deh jatuh tuh adonan
- Pastikan kukusan uda beruap banyak dan api besar ketika mau masukin adonan, jadi panasin dulu ya kukusannya
- Klo pake kukusan yg tutupnya bukan yg segitiga, lapisin tutup kukusan dengan serbet yg lebar, jadi air kukusan yg netes, gak langsung kena bolkusnya
- Jangan lupa berdoa dan klo gagal, jangan putus asa, keep trying, pasti bisa ^o^

Sekiranya itu aja, klo ada tambahan, ntar aku tambahin. Berikut aku tulisin resep bolkus tea yg aku dapet dr mbak Heryanti dengan modif dikit dari aku.



== Bolkus Tea ==

by Heryanti modif dee riza

Bahan :
- 1 butir telur
- 80 gr gula pasir
- 1/2 sdt munjung emulsifier
- 100gr terigu kunci biru
- 50 ml tebs
- 50 ml teh (1 sachet teh diseduh dengan air hangat, aku pakein juga daun tehnya, jadi cantik dan harummm ^o^, ambil 50ml)


Cara membuat :
1. kocok telur, gula pasir dan ½ bagian emulsifier dengan kecepatan
tinggi sampai putih mengembang.
2. Masukkan terigu, tebs dan teh bergantian, mixer dengan kecepatan
rendah. Kocok sampe rata.
3. Masukkan sisa emulsifier dan mixer adonan dengan kecepatan tinggi
selama 5-7 menit.
4. Siap dimasukkan ke dalam loyang bolu kukus yang dialasi papercup.
Kukus selama kurang lebih 10-15 menit.

Hasil jadi 14 bolkus ukuran sedang

No comments:

Post a Comment