Monday, February 7, 2011

Nasi Keju

Minggu kemaren ada latbar bareng temen2, meskipun baru kenal, tapi uda akrabbb deh rasanya, ngomong ngalor ngidul, semoga bnr nulisnya, heheheeh...Tema latbar kemaren semuanya ttg coklat dgn bintang tamu mbak Widya, bu guru cantik, pinter, baik dan tidak sombong, heheheheh... Mbak Widya sharing dan ngajarin banyakkkkkk hal banget, yg aku gak tau sama sekali jadi tau, mudah2an inget terus ilmu yg di sharing mbak Widya :D

Kemaren diajarin buat coklat kruwel, praline, coklat pager, pokoknya all bout chocolate deh ^o^ Ini coklat kruwel buatanku, masih elek seh, tapi gpp dipamerin diblog, heheheheheh...



Seperti biasa, klo lagi latbar, mesti bawa potluck,
kali ini aku bawa nasi keju. Alhamdulillah kata temen2 enak, dan banyak yg tanya resepnya, jadi maluyyy ^o^ Ampe mbak Widya bilang enak pun aku gak percaya, ampe aku tny bolak-balik "bnr mbak enak?" dan mbak widya blg "bnr enak, aku ampe kudu ngomong brp kali?" hehehehe...wong yg muji bu guru ehhh, kan jadi merinding aku, whehehehe...*lebay* Karena banyak yg tanya resepnya, aku sharing dimilis dan di blog. Sebenernya ini resepnya aku dapet ini resep dari alm. tanteku jadi takarannya ada yg kira2 dan sedikit modif dari aku. Mudah2an banyak yg suka ^o^ Tapi tanpa foto ya, kemaren lupa foto, padahal uda niat :p

Nasi Keju by tante Ze modif dee

Bahan I :
- Mentega secukupnya u/ olesan dasar pinggan tahan panas
- Nasi secukupnya, pokoknya nutupi dasar dari pinggan tahan panas, gak usa banyak2 juga
- Daging asap 8 biji, potong kotak2 (mau di lebihin juga gak apa2, tambahin sosis juga enak, tambahin apa aja juga gak apa2 koq, hehehehe..)

Bahan II:
- 400 ml susu cair
- 4 siung bawang putih, cincang halus
- 1 bawang bombay, cincang kasar
- 1 butir telur
- pala, garam, black pepper (kadang aku suka tambahin oregano, daun bay, klo lagi ada stok)
- 3 sdm mentega u/ menumis

Bahan II: (ini aku pake resep saus bechamelnya mbak ine, pasti semuanya pada uda tau kan?! ^o^ )
- 250 ml susu cair
- 2 sdm tepung terigu
- 1 sdm margarine (1 sendok munjung)
- garam, merica

Taburan: Parutan keju kraft melt (bisa pake mozarella, lebih yummy ^o^)

Cara:
Bahan I:
- Olesi pinggan tahan panas dgn mentega, beri nasi diatasnya secukupnya, daging asap secukupnya

Bahan II:
- Tumis bawang bombay, bawang putih dgn mentega sampai layu
- Masukkan bumbu2an
- Masukkan susu
- Masukkan telur (dgn cara dipancing ya) sampai mendidih

Bahan III:
- Cairkan margarin, masukkan tepung aduk2 sampai rata
- Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk cepat agar tidak meringkil
- Masukkan garam, merica

Penyelesaian:
- Tuang bahan II ke di atas nasi dan beef, lalu tuang bahan III dan beri taburan keju parut
- Panggang 180 C 15 menit

Catatan:
Klo aku sukanya, setelah bahan II matang, nasi dan beef aku campur sama bahan II dulu, aduk2 sampai meresap, taruh diatas pinggan tahan panas lalu kasih lagi sisa bahan II (jadi buat lebih ya u/ bahan II nya), lalu seterusnya sama dgn step diatas. Hasilnya rada nyemek2, klo keluargaku seh suka cara pertama, selera kali ya ^o^

Met cobain ^o^

No comments:

Post a Comment